Wednesday, April 27, 2016

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh

Belimbing wuluh merupakan salah satu buah yang memiliki ciri khas dengan rasanya yang asam, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk bahan rujak. Buah belimbing ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh meskipun memiliki rasa yang asam. Ini dikarenakan di dalam belimbing wuluh terdapat sejumlah kandungan seperti vitamin C di dalamnya. Untuk kandungan lain di dalam belimbing wuluh diantaranya seperti asam fomat, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, dan juga kalium sitrat. Lantas apa saja manfaat yang dimiliki dari belimbing wuluh, ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Manfaat dari Belimbing Wuluh untuk Tubuh

Membantu dalam Mengobati Batuk

Belimbing wuluh dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Untuk cara penggunaannya juga tidak terlalu susah, cukup dengan ambil 3 butir belimbing wuluh dan juga beberapa butir adas. Campurkan kedua bahan tersebyt dengan air secukupnya ditambah dengan gula. Setelah semua bahan tercampur menjadi satu biarkan selama beberapa jam dan barulah disaring dengan kain bersih dan diminum pada pagi, siang, dan malam.

Membantu dalam Mengatasi Diabetes

Manfaat belimbing wuluh berikutnya adalah membantu dalam mengatasi diabetes. Ini dikarenakan di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan seperti zat asam yang sangat ampuh dalam membantu mencegah diabetes. Untuk cara penerapannya juga cukup mudah yakni dengan ambil 6 buah belimbing wuluh, kemudian rebus dengan air. Setelah direbus, biarkan sampai dengan dingin dan saring dengan menggunakan saringan atau kain bersih, minum selama dua kali dalam sehari.

Membantu dalam Mencegah Hipertensi

Selain mengatasi diabetes, belimbing wuluh juga memiliki manfaat dalam mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Belimbing wuluh telah digunakan sebagai obat tradisional sejak lama untuk mencegah tekanan darah tinggi. Caranya terbilang cukup mudah yakni dengan merebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air sampai dengan setengahnya. Kemudian minum air rebusan belimbing wuluh yang telah disaring sehari sekali.

Membantu Mengatasi Sariawan

Seperti pada penjelasan di atas bahwa belimbing wuluh mengandung kandungan vitamin seperti vitamin C. Kandungan tersebut memiliki manfaat dalam mengatasi sariawan. Untuk cara penerapannnya Anda bisa mengonsumsinya langsung. Banyak orang yang memanfaatkan belimbing wuluh yang mengandung vitamin C guna mengatasi sariawan.

Membantu Mengatasi Panu

Manfaat berikutnya dari belimbing wuluh adalah mengatasi panu. Panu merupakan salah satu penyakit pada kulit yang dapat disebabkan karena adanya jamur. Belimbing wuluh diketahui memiliki sifat sebagai anti jamur yang pastinya ampuh dalam mengatasi panu tahap demi tahap. Untuk caranya juga cukup mudah yakni dengan mengambil belimbing wuluh beberapa biji kemudian parut belimbing wuluh dan tempelkan parutan dari belimbing wuluh pada bagian kulit yang terkena panu.

Efektif dalam Mengobati Sakit Gigi

Sakit gig pastinya akan sangat mengganggu aktivitas seharian. Pasalnya ketika seseorang sakit gigi maka mereka akan kurang nyaman ketika mengonsumsi sesuatu. Untuk mengatasi sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pergi periksa ke dokter. Untuk cara alami Anda bisa mencoba dengan memanfaatkan belimbing wuluh yang mengandung vitamin C. untuk caranya juga cukup mudah yakni dengan parut beberapa buah belimbing wuluh kemudian taruh pada bagian gigi yang sakit.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai manfaat dari belimbung wuluh untuk kesehatan tubuh. Masih banyak manfaat lain yang dimiliki dari buah yang mengandung vitamin C ini.

Baca


No comments:

Post a Comment